Proses belajar mengajar diartikan sebagai
suatu interaksi antara murid dengan guru dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Tujuan interaksi merupakan titik temu dan bersifat mengikat serta mengarahkan
aktifitas dari kedua belah pihak. Dengan demikian, kriteria keberhasilan dari
rangkaian keseluruhan (proses) interaksi (belajar mengajar) hendaknya ditimbang
atau dievaluasikan untuk melihat tercapai tidak tujuan (bersama) tersebut.
Terkait tentang cara mengajar guru, berikut
admin rangkum beberapa pandangan Para Pakar Pendidikan Tentang Mengajar yang
Baik yang dilansir dari berbagai sumber.
Hasil penelitian dari Edward Sheffield
tentang karakteristik dari guru yang efektif yang sering disebut atau Characteristics of Effective Teachers Most
Often Mentioned (Edward Sheffield, Teaching
in the Universities– No One Way, 1974):
1.
Menguasai
bahan yang diajar dan memiliki kompetensi.
2.
Pengajaran
dipersiapkan dengan baik dan memiliki organisasi pengajaran secara teratur.
3.
Pelajaran
harus dihubungkan dengan hal praktis dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Mendorong
murid bertanya dan memberikan opini.
5.
Antusias
tentang subyek yang diajar.
6.
Dapat
didekati murid (approachable), bersahabat, terbuka (available).
7.
Peduli
kepada kemajuan siswa.
8.
Memiliki
sifat humoris
9.
Hangat,
baik, simpati.
10.
Menggunakan
alat-alat atau media secara efektif.
Selanjutnya ada penelitian tentang guru yang
hebat atau Characteristics of Great
Teachers (Lea Ebro, Instructional
Behavior Patterns of Distinguished University Teachers, 1977):
1.
Tidak
menyimpang dari topik yang diajarkan.
2.
Tempo
berbicara dalam mengajar itu tepat.
3.
Guru
memakai berbagai variasi dalam strategi instruksional.
4.
Tetap
pada subyek dan mengembangkannya berdasarkan subyek.
5.
Guru
memakai humor.
6.
Guru
bisa “memerintah” kelas, sehingga mereka tertib namun tidak dalam suasana takut
dan tertekan.
7.
Guru
berinteraksi dengan siswa.
8.
Guru
memberikan tanggapan atas pertanyaan atau jawaban murid.
9.
Memberikan
respons perbaikan-perbaikan.
10.
Menggunakan
pertanyaan-pertanyaan yang analitis dan penggalian.
11.
Memuji
jawaban yang benar dengan dasar observasi atas jawaban yang benar yaitu memberi
penjelasan mengapa jawabannya benar.
12.
Membuat
suasana kelas yang hangat.
13.
Siswa
secara bebas dapat menginterupsi setiap saat dengan pertanyaan.
14.
Memiliki
rasa humor.
15.
Memiliki
kemampuan komunikasi non-verbal.
a.
Menggunakan
gerak tubuh seringkali.
b.
Berjalan
waktu berbicara.
c.
Ada
kontak mata secara intensif.
Hasil Penelitian tentang mengajar yang baik
dari Ron Smith, Concordia University,Teaching
and Learning, Vol. 7, No. 1, Sept. 1980:
1.
Mengajar
yang baik memiliki tes awal tentang kemampuannya.
2.
Mengajar
yang baik ada “feedback” untuk guru: a.
Tes non-nilai, kuis, b. Diskusi dengan siswa, c. Kuesioner, d. Sadar akan
respons yang bersifat non-verbal:
a.
Kehadiran
yang menurun atau kebosanan.
b.
Tidur
di kelas.
c.
Apakah
siswa membaca surat kabar?
3.
Mengajar
yang baik disesuaikan dengan perbedaan-perbedaan yang ada pada individu siswa.
4.
Good teaching
provides (specific) feedback to the students.
5.
Mengajar
yang baik itu fleksibel.
6.
Mengajar
yang baik menggunakan pembelajaran siswa aktif.
7.
Mengajar
yang baik memotivasi siswa. .
8.
Pengajaran
yang baik itu jelas dan ditata dengan baik.
Ada juga proyek penelitian untuk melihat guru
yang baik di kelas dalam “Characteristics
of Effective Large-Class Instructors” (Karron Lewis, et al., from The Large Class Analysis Project
conducted by CTE):
Penelitian ini mengkombinasikan pendapat dari
siswa dan guru dalam penelitian tentang bagaimana mengajar dalam kelas besar
secara efektif:
1.
Sangat
antusias dengan subyek yang diajar.
2.
Menguasai
subyek dan memiliki kemampuan mengkomunikasikan pengetahuan yang diajar.
3.
Peduli
kepada kemajuan dan kesuksesan murid.
4.
Berani
mendisiplin siswa untuk ketertiban kelas seperti keributan.
5.
Memiliki
rasa humor.
6.
Menggunakan
berbagai strategi instruksional.
7.
Berinteraksi
dengan siswa selama di kelas, termasuk sebelum dan sesudah kelas.
8.
Memiliki
rasa percaya diri atas pengajaran yang disampaikannya.
Demikian, semoga bermanfaat…