Penampilan
suatu kemasan haruslah dapat menarik perhatian (eye catching). Hal ini mencakup
warna, bentuk, merek, ilustrasi, tata letak yang berhu- bungan dengan faktor
emosi dan psikologis.
Misalnya,
tampilan visual kemasan jus buah haruslah dapat menimbulkan kesan menyehatkan,
bentuk desain, dan gambar pada kemasannya dipilih yang tidak kaku dan berwarna
cerah.
Daya
tarik praktis adalah efektivitas dan esiensi kemasan dalam memudahkan
penyimpanan dan pemajangan produk.
Faktor
yang berhubungan dengan daya tarik praktis suatu kemasan adalah bahwa kemasan
menjamin melindungi produk; mudah dibuka dan ditutup; porsi atau volume yang
sesuai; dapat digunakan kembali; mudah dibawa, dijinjing, dipegang; mudah
dihabiskan isinya dan dapat diisi ulang; ditampilkan dengan lucu; serta yang
lain-lainnya sesuai pertimbangan kebutuhan dan sifat produk.
Untuk
memenuhi aspek ini, terdapat berbagai strategi untuk berkreasi. Strategi ini
memanfaatkan unsur warna, ilustrasi, bentuk, merk/logo, tipogra, dan tata
letak.